Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


Kamis, 03 Mei 2012

“Coffee Morning dan Obrolan Penulisan”


“Alhamdulillahhirobbil ‘alamin kita dapat berkumpul mengikuti perkuliahan umum ini dengan suasana yang berbeda, lebih santai tak tegang seperti kuliah umum biasanya”. Demikian disampaikan Drs.Abdul Rozak selaku founding father of communication UIN Sunan Kalijaga dalam pembukaan kuliah umum bertema “Mari Menulis, Mari Menginspirasi” bersama Iman Santosa dan Raihul Fadjri, Senin (5/3) yang dilaksanakan di ruang Interaktif Center FISHUM, UIN Sunan Kalijaga. Dengan konsep “Coffee Morning dan Obrolan Penulisan”, acara yang diikuti oleh mahasiswa prodi ilmu komunikasi ini memang berlangsung santai, namun kental dengan wejangan dan ilmu.
“Jangan belajar menulis jika belum punya ide”, kata Iman Budi Santosa mengawali diskusi. Imanpun mengatakan bahwa menulis tak hanya memainkan pikiran untuk menghasilkan ide yang menarik sebagai materi penulisan, namun juga harus memperhatikan aspek bahasa dan empati terhadap orang lain. Karenanya, seorang penulis harus mampu mengendalikan pikiran, ide, dan bahasanya agar tulisannya menjadi terarah sesuai tema yang dipilihnya. “Orang lebih peka terhadap salah cetak daripada salah pikiran”, tegasnya. Maka, publikasi dalam media massa harus diperhatikan sungguh-sungguh agar tidak ada kesalahan yang termuat sehingga mengundang kesalahpahaman pada pembaca.
Selain itu, hadir pula Raihul Fadjri jurnalis dari TEMPO. “Media massa senantiasa membuka pintu bagi penulis luar. Hal ini karena dalam media massa seperti koran, ada beberapa ruang yang bukan menjadi porsi seorang wartawan, misalnya opini. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mengefisienkan kinerja wartawan”, ungkapnya. Iapun menyampaikan tentang berbagai macam jenis tulisan yang berkaitan dengan rubrik, kinerja seorang wartawan, hingga kiat-kiat khusus guna menghasilkan tulisan yang dapat memnuhi kriteria layak muat dimedia massa.
Dalam kuliah umum kali ini, dilaksanakan pula pelantikan kepengurusan PRO (Public Relations Oriented) yang bergerak dibidang PR dan KOSTRAD yang bergerak dibidang advertising oleh Drs.Bono Setyo, M.Si selaku kaprodi ilmu komunikasi.  Selain itu, diadadakan pula launching komunitas baru “IDEKATA” serta dua buah  buku yang berjudul “Mahasiswa Bicara” karya mahasiswa prodi komunikasi dan “Transformasi Kemanusiaan” karya Drs.Bono Setyo, M.Si yang keduanya digawangi oleh IDEKATA.


Share This :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blog Archive

Blogroll